Pencarian Bibit

Bibit Jambu Biji

Jambu Kristal, Jambu Pir, Varigata, Merah Australia, Sukun Merah, Getas Merah, Varigata Jumbo, dan tersedia juga dalam bentuk kombinasi.

Sekilas Perawatan Tabulampot Jambu Biji

Jambu Biji MutiaraMerawat tabulampot jambu biji termasuk mudah. Tidak terlalu nyelimet dan tidak terlalu butuh perlakuan khusus. Apalagi jambu biji termasuk tanaman yang genjah (cepat dan rajin berbuah).

Media Tanam
Media tanam yang dibutuhkan sama saja dengan media tanam untuk tabulampot umumnya yaitu campuran tanah, pupuk dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Sekam padi gunanya lebih pada penggembur tanah, disamping kalau sudah hancur bisa jadi pukpuk juga. Jadi kalau sekam tidak tersedia cukup campuran tanah dan pupuk. Yang penting, media gembur atau bersifat forous.

Penyiraman
Penyiraman dapat dilakukan setiap hari . Tapi jika media tanam masih basah, sebaiknya tidak disiram. Penyiraman bisa pagi atau sore. Dan ada baiknya, jika pagi (sebelum jam 8 pagi) ya pagi terus, kalau sore (setelah jam 4 sore) ya sore terus.

Pemupukan
Lakukan pemupukan secara berkala setiap tiga bulan sekali, atau minimal dua kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan awal musim kemarau. Pakailah selalu pupuk organik. Gunakan pupuk kimia secara bijak. Artinya, penggunaan pupuk kimia hanya pada waktu dan dosis yang memang dibutuhkan, seperti pada proses pembungaan/pembuahan yang memang memerlukan pupuk (unsur hara mineral makro) P dan K yang tinggi, serta pupuk yang mengandung unsur mikro seperti Ca, Mg, Mn, Zn, Cu, Fe dll. Unsur Mg sangat mempengaruhi pembentukan klorofil tanaman, sehingga fotosintesis berjalan optimal. Selain itu Mg juga berfungsi sebagai katalisator penyerapan unsur P dan K.

Pemangkasan
Pemangkasan bertujuan untuk ; pembentukan tajuk baru, pemeliharaan, produksi dan peremajaan. Khusus untuk jambu biji, pemangkasan bisa bertujuan untuk proses pembuahan, karena kecenderungannya yang setiap tunas baru membawa bunga.

Jambu PirPembungaan/Pembuahan
Seperti disebutkan diatas, bahwa jambu biji termasuk tanaman yang rajin berbuah. Jadi tidak perlu ada perlakuan khusus untuk membuahkannya. Di Sri Wijaya Tani, dengan hanya memupuk secara rutin dengan pupuk kandang, jambu biji tetap rajin berbuah. Tapi jika masih belum berbuah, lakukan pemangkasan yang diikuti dengan pemupukan dengan kandungan P dan K yang tinggi. Ingat, sebelum pemangkasan lakukan pemupukan dengan kandungan unsur N yang tinggi, dan saat pemangkasan tanaman benar-benar dalam keadaan sehat yang ditandai dengan pencabagan merata, warna daun hijau tua mengkilat dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.

Khasiat Jambu Biji Untuk Pengobatan

1. Diare
Daun jambu biji segar seberat 30 g, ditambah segenggam
tepung beras dan air 1-2 gelas direbus. Cairan ini diminum 2 kali sehari. Dapat juga 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.

2. Sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari.

3. Luka berdarah atau borok di sekitar tulang
Lumatkan daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.

4. Kencing manis
Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.

5. Ambeien
Ambillah beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu. Kedua bahan dicuci bersih. Pisang batu tak perlu dikupas. Tumbuk keduanya. Air perasannya ditampung lalu diminum. Lakukan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.

6. Kembung pada anak-anak
Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.
Kutipan utuh dari klipingku.com

Selain itu bermanfaat juga untuk :
1. Diabetes Mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak. Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
2. Maag
Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
3. Sakit Perut (Diare dan Mencret)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
5. Masuk Angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
6. Beser (sering kencing) berlebihan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
7. Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.
8. Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
9. Sakit Kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus. Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.
10. Obat luka baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuat: dikunyah sampai lembut Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.
dikutip dari iptek.net.id

 



Phone : 0813-8327-4445

kebunkebunkebun


Jambu Kristal


Jambu Kristal adalah jambu biji tampa biji. Disebut demikian karena memang sering tidak ada biji. Kalaupun ada biji tapi sangat sedikit. Jambu Kristal sangat rajin berbuah. Rasa-nya manis, renyah, dan tidak bikin mual. Jambu Kristal ini jika dikebunkan tentu akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.


Jambu Biji Varigata

Disebut varigata karena daun maupun buahnya tidak polos lazimnya jambu biji. Daunnya miliki warna hijau dan putih, terkadang ada merahnya juga. Jadi sangat bagus untuk koleksi tabulampot

 


Merah Australi

Jambu biji australia punya kekhasan sendiri karena memliki daun dan buah berwarna merah tua keunguan, sehingga disamping disebut tanaman buah, tidak jarang juga disebut tanaman hias. Walau demikian buahnya tetap dapat dimakan dan rasa-nya manis..



Jambu Biji Kombinasi

Dalam satu pohon terdapat tiga varietas jambu biji yang berbeda.


Sukun Merah


Jambu Pir